Friday, July 29, 2005

BINTANG k e c i l ..

"Hoaaaammmm...."
Kucek-kucek mata bentar..
"Jam berapa ya?.. Kok lampu udah pada nyala?.."
Sambil setengah merem, berusaha banget gue ngeliat
jam diatas tivi, sinar lampu dari luar lumayan ngebantu..
"Wah pantesan.. Udah jam 5.."
Suara orang sholat berjamaah di mesjid terdengar mengalun..
"Orang jamaah ajah dah beres tuh.." gue mbatin..

Pagi baru menjelang, matahari belom muncul..
Tapi aktifitas di rumah dah mulai..
"Masih males banget sih bangun.."
"Perasaan tidur belom lama, kok udah harus bangun aja.."
"Tapi kalo gak bangun, bisa kesiangan nih tar berangkatnya.."
Suara-suara dalam hati gue terus terdengar, bersaut-sautan
di kepala, nyoba banget ngetes nyali gue..

Dengan nyawa yang belom ngumpul, maksain deh bangun
dari tempat tidur..
Langsung buka pintu, jalan ke belakang, ambil handuk
dan baju mandi, ngeloyor lagi ke ruang tengah..
Niat mo ke kamar mandi dalem ajah, dingin kalo mandi
di kamar mandi luar..
Tapi sebelom kamar mandi ada kursi panjang, lumayan
jadi tempat tuk ngumpulin nyawa..
Bluk... Tiduran lagi deh!!
Sambil liat Nyokap ama Bokap yang lagi wiridan abis jamaah
solat Subuh..

"Ayo udah cepetan masuk kamar mandi, belom solat kan?.."
"Iya, bentar.. 5 menit lagi" sambil merem gue nyautin
omongan Nyokap..

Deng.. Deng.. Bless... Lewat ajah 10 menit..
"Ayooo... Udah lewat 10 menit tuh, cepetan, ntar
subuhnya ketinggalan lho.."
"Iyeeee.."
Sambil berusaha ngumpulin nyawa, gue jalan ke kamar mandi.

Byuuurrrr.... Byuurrrr... Sret.. Srett...
Cuci tangan, cuci muka, sikat gigi, guyur badan, nyabunin
badan, gosok-gosok, guyur lagi.. lagi.. lagi.. Wudhu!!
Kira-kira gitu deh rangkaian kegiatan gue di kamar mandi..
Gak lama, dan gak juga sebentar gue mandi..
15 menitan lah..

Begitu keluar kamar mandi, liat Zidan lagi ketawa2 ama Ibu..
Duh.. Anak bayi ini rajin banget bangun pagi..
Seringnya dia yang bangunin gue sih.. hehehe...
Tapi.. Gak aneh lah, wong dia juga kalo tidur malem jam 7 an..
Terang ajah pagi buta gini dah bangun..
Dah kenyang tidurnya!

"Selamat pagi Zidan.."
Anak itu pasti langsung nengok kalo gue ucapin ituh..
Trus nyengir mamerin dua giginya di atas yang mirip SpongeBob
dan dua giginya dibawah..
"Pagi Tante.." Nyokap pasti njawabin itu untuk Zidan ke gue..
"Zidan udah solat subuh belom?.."
"Belom Tante.. " lagi-lagi Nyokap yang njawab ke gue
"Ya udah, Tante solat dulu yach.."
"Iya.." sekali lagi jelas Nyokap yang ngomong, kan Zidan belom bisa
ngomong, baru bisa bilang "gak pa pa".. hehe..
sementara Zidan cuman ngeliatin gue ajah sambil ngunyah biskuit..

Gue ngamar deh.. solat Subuh!!
Gak pa pa lah, kan matahari belom masukin sinarnya ke kamar gue
Jadi masih sah ajah solat, walo telat.. hehehe.. jam 5.25 gue solat..
Beres solat, gue ambil pelembab.. oles-oles.. trus bedakan..
Ambil Purol.. seluruh badan dibedakin..
Beut.. beut.. beut... beres, pakaian deh.. siap-siap ngantor..
Eh.. gak lupa pake jilbab juga, cari yang senada ma baju..

Kalo dah beres, baru ke meja makan..
Liat-liat di meja makan.. "Udah ada sarapan belom ya?.."
Kalo belom ada ato gak minat makan berat, yaa ambil roti ajah..
Oles-oles pake mentega, ditaburin gula ato coklat..
Ato kalo lagi nyari yang simpel, ambil susu kental manis coklat..
Weut.. weut.. weut.. puter-puter diatas roti, siap deh dimakan!
Dan itu yang gue pilih tadi pagi, lagi males oles-oles mentega soale..

Sementara itu, Nyokap lagi sibuk makein baju Zidan yang
abis mandi.. dan kebiasaan Nyokap juga kalo ngapa2in ma Zidan
pasti diiringi nyanyi, apa aja deh yang keingetan ma dia..
Kalo pagi tadi dia nyanyi ini : Bangun tidur ku terus mandi,
tidak lupa menggosok gigi, abis mandi ku tolong ibu,
membersihkan tempat tidurku, bantal guling bau pesing!..
Zidan ngikutin sambil tepok-tepok tangan biasanya..
Dan sambil terkekeh-kekeh kalo dirasa ada yang lucu buat dia..
Rada bingung juga sih kadang, wong orang nyanyi kok di ketawain..
Dasar Jidun!!

Tempat beberesnya Zidan kebetulan searah ma meja makan..
Jadi sambil gue sarapan, bisa banget ngobrol ma Zidan..
"Euh.. euh.. euh.." tangan mungil dia nunjuk2 ke roti gue..
"Zidan mau roti?.." gue nyautin Zidan..
"Euh.. euh.. euh.." gitu lagi dia..
Gue samperin aja dia, gue potongin dikit roti isi susu coklat ke dia,
di maem nya tuh roti sambil ketawa-ketawa..

"He he he he.." Zidan kesenengan kalo apa yang dia minta di kasi..
Sampe beberapa potong roti masuk ke mulutnya, akhirnya dia
geleng kepala sendiri pas roti kesekian gue sodorin.. mungkin udah kenyang.
"Ya udah.. nih mimiknya, minum dulu biar gak seret.."
Dengan gayanya yang sok tau, dia ambil gelas plastik ditangan gue,
disodorin ke mulutnya.. Gluk.. gluk.. gluk.. kedengeran suaranya
nelen minuman.. plus pipinya gembung.. Aduh.. lucu banget!

Bersamaan Zidan beres ngemil roti, beres juga dia berpakaian..
Wangi bedak plus minyak telonnya kecium banget.. Wangii..
Gue juga beres sarapan..

"Zidan mo ikut gak?.." gue nawarin dia..
"Euh.. euh.." tangannya langsung diangkat dan diarahin ke gue,
tanda minta digendong..
Langsung gue gendong.. Enaakk banget wangi badannya.. gue suka!
"Uti, ayo ikut. Ntar Zidan pulang ama uti ya?.." gue ngajak Nyokap
sekalian, biar nanti dia yang bawa Zidan pulang lagi..
Dan nyokap dah ngerti banget..
Langsung dia nyamber jilbab kaos, dipake, trus ngikutin kita deh..

Jadilah kita bertiga jalan keluar..
Ke arah jalan raya, nganterin gue berangkat ngantor..
Nyokap ndorong kereta Zidan, gue gendong Zidan, sambil gak bosen
gue cium-ciumin pipinya-lehernya ampe punggung en perutnya..
Aduh.. Gue bersukur banget ada dia hadir di tengah kita sekarang..
Bener-bener distractor tuk segala masalah yang menuhin otak gue..
Kalo maen ma dia cuman ada ketawa dan ketawa lagi..
Paling banter kaki en tangan gue pegel karena ngikutin dia jalan
ato nge-gendong dia..

"Tuh dhek, ada guk guk.. guk guk jangan berantem.." itu gue
omongin ke Zidan kalo ngeliat anjing tetangga yang saut-sautan
menggonggong, berisik!!

"Tuh ada burung dhek.. ada banyak.. tuh liat!" sambil nunjukkin
ke Zidan sekelompok burung yang hinggap dan terbang lagi di
atap-atap rumah tetangga..

"Eh ada ayam tuh dhek.. "
"Wah ada mbek juga.."
"Waa.. mobilnya banyak banget.."
Itu juga omongan2 standar gue selama jalan itu ke Zidan..
Karena emang di sekitar rumah gue, suka banyak ada hewan2..
Ada ayam, kambing, burung, anjing.. lumayan kan nge-info-in ke Zidan..
Trus.. komplek rumah gue juga deketan ama komplek kebersihan, jadi
tiap pagi selalu banyak mobil kebersihan yang lewat deket komplek gue,
dan Zidan suka banget liat mobil-mobil ituh..
Dia nanggepin omongan gue sambil tangannya diarah2in ke hewan
yang gue kasi tau, seolah pengen megang hewan2 itu..
Ato dia tengak-tengok ngikutin arah omongan gue..
Ato dia ketawa-ketawa liat mbek yang lagi makan rumput..
Gitu deh.. sebisa mungkin emang dia ngasi respon atas apa yang kita
info-in ke dia, emang kadang belom jelas bentuk responnya.. tapi
dah nandain dia semangat tiap kali dikasi tau sesuatu hal baru..
Gimana gak seneng gue nge-info-in coba?.. :p

Begitu dah sampe di tempat gue biasa nunggu angkot, Zidan gue kasiin
deh ke nyokap..
"Zidan sama Uti lagi ya?.. Tante mo ke kantor dulu.."
"Iya.." Nyokap lagi yang njawabin itu..
"Ayo salim ke Tante.." Nyokap nambahin..
Gue langsung ngambil tangan kanan Zidan, trus gue pegang ma tangan
kanan gue, tempelin ke mulut dia, jadi dia cium tangan gue..
Abis itu, giliran gue yang cium tangan nyokap..

"Dadaa Zidan, Tante pergi dulu yaaa.."
"Kiss bye dong.. gimana kiss bye nya?.."
Kalo denger itu, Zidan langsung nempelin telapak tangannya ke mulut..
Dan gue yakin itu niat dia mo kiss bye, tapi telapaknya gak dilepas lagi,
terus aja nempel.. xixixi..

Dan saat yang bersamaan gue juga kiss bye ke dia.. "Mmuah.. Mmuah.."
"Daa Zidan.. Assalamu'alaikum, bu gue berangkat!"
"Wa'alaikumsalam.. Iyah.. Ati-ati.." Nyokap nyautin..
Zidan ngeliatin ajah, kadang sambil senyum sih, tapi seringan enggak..
Dia kan emang rada susah senyum, kata orang ngikutin nyokapnya,
which is itu kakak gue..

Dan berangkatlah gue ke kantor..
Di angkot masih sempet gue liat Nyokap ndorong kereta Zidan..
Pulang ke rumah..
"Karena mereka gue selalu semangat tiap pagi.." gue mbatin..
Angkot pun meluncur, mengantar gue ke tempat tunggu bis berikutnya..
Untuk mengantar gue ke rutinitas harian.. di Kantor Kompas!!

Semoga cepet gede ya Dhek..
Cepet bisa jalan yang lancar..
Cepet bisa ngomong yang bawel..
Semoga sehat terus..
Pinter..
Soleh..
Aktif..
Gak nakal..
Karena kamu, rumah Akung dan Uti jadi lebih rame..
Karena kamu, Tante jadi lebih betah di rumah..
Karena kamu, Om berani gendong anak kecil..
Karena kamu, hidup Ayah dan Bunda jadi lebih lengkap..
Karena kamu, Teh Dewi jadi gak bosen beres2 dirumah..

Kamu.. Bintang kecil kita sekarang!!