Tuesday, August 23, 2005

s o l m e t ..

Banyak denger bahasan tentang solmet..
Beragam juga uraiannya..
Ini salah satunya.. (hi u di ruang sana penggemar semangka dan
pemilik 3 kucing Persia, makasih idenya!hehe)

Gue pribadi rada gak percaya adanya solmet..
Entah kenapa..
Mungkin percaya, tapi bukan solmet dalam artian jodoh.
Gue lebih percaya kalo solmet itu gak melulu ada di fisik lawan jenis.
Besar kemungkinan solmet itu berasal dari jenis kelamin yang sama.
Yang dikenal sahabat, soul sistah.. itu yang namanya solmet!

Bisa jadi gue gak percaya karena gue belom nemuin solmet seperti
definisi solmet disini.
Dan gue juga gak yakin, akan kah ada tersedia tuk gue?..
Wallahualam bissawab!!

Gue sih ngeliatnya gini:
Solmet itu kan artinya pasangan jiwa.
Jadi solmet itu yang bisa klik ma jiwa kita, ma karakter kita.
Nah.. so far, yang bisa klik ma jiwa dan karakter gue itu
yaa para sahabat gue ituh.. which is mereka bukan jodoh gue,
setidaknya sampe detik ini.
Bahkan yang namanya 'jadian' ato pacaran ma mereka juga enggak.
Soo.. my solmet is my best friend!!
Itu menurut gue..

Kalo tentang jodoh, gue juga bingung..
Sebenernya definisi jodoh itu sendiri apa?..
Orang yang menikah sama kita kah?..
Kalo iya, kenapa ada perceraian?..

Trus pernikahan itu sendiri definisinya gimana?..
Yaa ok, gue tau, pernikahan itu adalah proses menikah.
Proses disatukannya 2 orang lawan jenis dalam ikatan resmi,
baik hukum negara maupun hukum agama.
Dan orang yang kita pilih untuk kita nikahi itu dah pasti jodoh?..
Enggak juga!! Karena satu alasannya itu tadi, suka ada perceraian!!

Jadi, sebenernya apa judulnya orang yang kita nikahi itu?..
Hmm..
Eeuu..
Uuuu..
Kayaknya emang gak usah dijudulin deh,
Bismillah aja, semoga orang yang kita nikahi itu adalah jodoh kita.
Jadi semoga gak ada perceraian dalam pernikahan kita.
Gitu kali yaaa....
Hehehe.. sok tau gini gue!! :p

Soale banyak banget contoh kasus di sekitar gue tentang pernikahan..
Salah satunya, kejadian nyokap-bokap gue sendiri.
Mereka itu menikah karena dijodohin.
Bokap-nyokap tadinya gak saling kenal.. sama sekali.
Tapi emang ortu mereka (which is itu mbah2 gue) berada dalam
komunitas yang sama, dan saling kenal tentunya..
Jadi para ortu itu yang punya niat menjodohkan.
Waktu itu nyokap gue gak setuju ama rencana perjodohan itu,
karena nyokap masih belom pengen merit, tapi mbah Kakung gue
maksa.. dan akhirnya nyokap gue gak berkutik.. dia menerima
usulan perjodohan dengan satu niat Ibadah ma Ortu, no more no less!!

Begitu dikenalin, langsung diatur acara tunangan..
Begitu tunangan, nyokap gue langsung sakit thypus, sampe dirawat
di RS, gara2 itu tadi, dia sebenernya menolak dinikahkan!!
Tapi mbah Kakung gue tetep keukeuh, tetep aja perjodohan dilanjutkan..
Setahun setelah tunangan, bonyok menikah!!
Dan Alhamdulillah.. semua berjalan lancar sampe detik ini,
semoga sampai kapan pun.. Amin!!

Belajar dari kasus itu, dimana tuh solmetnya?..
Wong semua juga terjadi tanpa diinginkan, tanpa direncana ama
yang ngejalanin (bonyok gue) dan tanpa saling mencari.
Dan masing2 mereka adalah pribadi yang sama sekali berbeda.
Gak gampang emang nyamain ritmenya, tapi berkat doa dan niat
baik dari masing2 Alhamdulillah semua berjalan lancar..

Belajar dari kasus itu juga, apakah mereka berjodoh?..
Semoga!! Yang pasti mereka sudah menikah lebih dari 30 tahun,
dan sampe detik ini semua baik-baik aja.. semoga seterusnya..

Jadi, gimana definisi solmet?..
Gimana definisi jodoh?..
Gimana definisi pernikahan?..
Gak jelas!!
Itu hanya permainan kata yang bisa memperumit pemikiran dan
jalan kehidupan..

Mending Bismillah aja deh kalo ngejalanin hidup ini..
Dengan modal niat baik dan ibadah, semoga semua keinginan bisa dipenuhin
dan mendapat berkah dari-Nya.. Amin!