Tuesday, October 25, 2005

Niat baik, tidak selalu baik hasilnya..

"Jujur nih *tanpa ada maksud apa2*.. gue tuh sering banget ditolak,
dan itu gak ada satu pun yang bikin gue sakit hati, karena itu semua
wajar.. bahwa ada pendapat kita yang diterima, dan ada yang tidak,
no probs at all."
"Brarti kalo dia sekarang nolak, dah biasa juga kan?"
"Enggak! Ini luar biasa. Karena gue tau banget dia very amat sangat
butuh duit. Minimal dari seringnya dia sms gue minta isiin pulsa.
Sekarang gue berniat baik mo ngasi dia "pancing" kok gak mau."
"Kan gak semua orang bisa kerja di bidang marketing. Wajar aja atuh
dia menolak. Sama halnya dengan orang2 laen itu."
"Gak lah, beda kasus. Temen kita ini kan background kerjanya dari
dulu itu selalu marketing, how come dia gak bisa ber-marketing?..
Orang laen boleh menolak, karena gue juga tau orang laen itu gak
sebutuh dia dalam urusan finansial. Kita tau lah gimana kebutuhan
teman kita ini tuk finansial."
"Yaa tapi kan lo juga gak bisa maksa orang tuk ikutin kemauan lo."
"Iya gue ngerti. Tapi tetep ada yang bikin gue kecewa. Sekarang
kondisi dia itu ada di tahap bener2 butuh dibantu untuk urusan
finansial, itu jelas2 dia bilang tiap2 dia sms gue. Kebetulan sekarang
gue punya "pancing" tuk dia dapetin sedikit sumber finansial, kenapa
dia gak coba, walo pun mungkin dia gak sreg ama bidangnya. Daripada
dia "cuma" minta hasil tangkapan temen2nya, apa salahnya dia coba
tuk tangkep sendiri rejeki yang ada. Kok enak sekali dia tinggal minta
hasil tangkepan temen2nya. Mana sms-nya membobardir gitu lagi
kalo belom dikasi, bete juga kan digituin terus2an."
"Iya sih. Abis mo diapain lagi kalo emang dia gak mau?"
"Gak ada. Tapi setidaknya gue jadi tau, kalo dia itu sebenernya gak
terlalu banget butuh di kasihani en butuh di tolong. Buktinya, dia
masih bisa tuh tuk nolak sedikit jalan keluar dari gue. Dan dengan
gitu, gue gak harus ngerasa bersalah lagi kalo suatu kali gak bisa
bantu dia, karena sikap dia tadi."
"Emang harusnya lo gak usah ada rasa bersalah. Tokh, dah pernah
kan lo kasi apa yang dia minta. Tapi apa lanjutannya?.. Dia minta
lagi dan lagi dan lagi dan lagi, itu sama sekali tidak mendidik."
"Harusnya emang gitu, gue gak usah punya rasa bersalah. Tapi kan
gue juga punya hati, wajarlah kalo gue ngerasa bersalah kalo gak
bisa bantu orang laen, apalagi itu temen gue sendiri."
"Boleh lo ngerasa bersalah, tapi jangan lo jadiin itu sebagai urusan
lo sendiri supaya dia keluar dari masalahnya. Dia udah gede. Udah
cukup dewasa juga tuk bisa berfikir sendiri gimana jalan keluarnya.
Apalagi dia juga punya keluarga dan temen2 sendiri."
"Itu dia, gue juga baru ngeh sekarang."
"Yach.. seringkali niat baik kita emang gak bisa diterima baik ma
orang lain. Tapi gue yakin, hal itu bisa bikin kita tambah dewasa,
percaya deh!"

Dan emang bener sodara2..
"Gak semua niat baik kita diterima baik juga ma orang lain!"